Pelepasan Siswa Siswi Kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019

Sebanyak 351 siswa siswi SMK YPT 1 Purbalingga dari jurusan Teknik Fabrikasi Logam (TFL), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (TPBO), Teknik Elektronika Industri (TEI) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) mengikuti acara penguatan karakter sekaligus pelepasan di lapangan futsal, Sabtu (4/5/2019).

Pemberian Beasiswa kepada Siswa Berprestasi

Penguatan karakter dan pelepasan siswa siswi ini mengambil tema “Generasi Muda yang Inspiratif, Kreatif dan Karakter Baik Merupakan Modal Utama dalam Menggapai Masa Depan yang Lebih Cemerlang”. Selain dihadiri oleh seluruh siswa/i kelas XII yang akan meninggalkan sekolah juga oleh semua guru, karyawan, tamu undangan serta perwakilan organisasi alumni GAPURA.

Kepala sekolah, Drs. Saryono dalam sambutannya mengatakan bahwa setelah lulus harus tetap membelajarkan diri, lebih bertanggungjawab serta berbudi pekerti yang baik. Dengan modal itulah nantinya para lulusan akan dapat eksis dimanapun berada.

“Secara resmi kalian saya lepas, bukan berarti terlepas silaturahmi namun kami lepas dalam artian bahwa kalian sudah dewasa dan harus mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat di sekolah. Meski demikian, sampai kapan pun sekolah ini tetap rumah kita bersama” Ungkap Drs. Saryono dihadapan para hadirin.

Senada dengan kepala sekolah, Dra. Siti Nurhayati selaku perwakilan wali kelas XII juga berharap segala sesuatu yang didapatkan di sekolah bisa bermanfaat bagi diri dan masyarakat. Perjuangan dan langkah masih panjang. Kumpulkan bekal sebanyak mungkin demi masa depan yang gemilang. Ungkapnya.

Sementara itu, Salis Alfi Syukur salah seorang siswa kelas XII menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada bapak, ibu guru yang telah sabar membimbing kita semua sehingga kita bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah ini.

Salis juga berpesan kepada teman-temannya untuk tetap semangat meraih kesuksesan dengan perjuangan sungguh-sungguh. Dirinya juga menyampaikan rasa kebanggaan bisa menjadi salah satu alumni SMK YPT 1 Purbalingga. Banyak alumni yang telah sukses, kalau mereka bisa kenapa kita tidak. Tutup Salis dalam sambutannya.

Pemberian Santunan
Dalam acara pelepasan ini juga diadakan pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi serta pemberian santunan anak yatim hasil dari penggalangan dana seluruh siswa kelas XII. Mereka yang mendapatkan santunan adalah salah seorang santri dari pondok pesantren Mambaul Ikhsan Kertanegara, Ifan Prasetya siswa kelas X, Isma siswi SMP N 1 Kemangkon yang merupakan anak dari almarhum Miswadi mantan karyawan SMK YPT 1 Purbalingga, Esa salah seorang warga Selabaya. Masing-masing mendapat santunan satu juta rupiah.

Rangkaian acara juga diisi dari berbagai kesenian yang ada di SMK YPT 1 Purbalingga, yakni grup hadroh, grup thek thek, seni karawitan, seni tari, seni bela diri merpati putih, grup band dan pembacaan puisi.

Acara diakhiri dengan penyematan samir kepada seluruh siswa/i kelas XII oleh ketua jurusan dan disaksikan oleh kepala sekolah serta ditutup dengan doa lalu bersalaman bersama seluruh hadirin dan keluarga besar SMK YPT 1 Purbalingga. || [afh]

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan Penguatan Karakter & Pelepasan kelas XII

Pengisi Acara

Pembawa acara
Menyanyikan lagu Indonesia Raya
Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
Sambutan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan
Sambutan Kepala Sekolah
Sambutan Perwakilan Wali Kelas XII
Sambutan Perwakilan Siswa Kelas XII
Pembacaan Doa Penutup

Pengisi Hiburan

Grup Hadroh
Seni Karawitan
Seni Tari “Lengser”
Pembacaan Puisi
Grup Band
Grup band
Seni Bela Diri Merpati Putih

Penyerahan Beasiswa Berprestasi dan Santunan

Penerima Beasiswa Berprestasi
Penyerahan Uang Santunan Hasil Penggalangan Dana Siswa Kelas XII kepada Kepala Sekolah
Penyerahan Santunan oleh Kepala Sekolah

Alumnus Siswa/i Tahun Pelajaran 2018/2019