Kunjungan Industri Guru Karyawan SMK YPT 1 Purbalingga

Guna meningkatkan wawasan tentang dunia usaha dan industri kepada para guru dan karyawan, SMK YPT 1 Purbalingga adakan kunjungan industri. Perwakilan yayasan serta perwakilan alumni juga turut mengikuti rangkain acara tersebut. Kegiatan yang bertajuk wisata inspirasi ini dilaksanakan tanggal 3 s/d 5 Februari 2019.

Kunjungan Industri ke PT. Chemco Harapan Nusantara

Kunjungan industri ke PT. Chemco Harapan Nusantara yang berlokasi di Karawang Jawa Barat dimulai dengan pembukaan dan perkenalan, kemudian sambutan dari perwakilan perusahaan dan pihak sekolah. Setelah itu seluruh peserta juga diajak untuk mengikuti plant tour di perusahaan.

PT. Chemco Harapan Nusantara adalah perusahaan joint venture Indonesia dan jepang yang bergerak dalam pembuatan Brake system serta alumunium casting part untuk kendaraan bermotor roda 2 dan 4. Acara diakhiri dengan pemberian souvenir serta foto bersama.

Drs. Saryono selaku kepala SMK YPT 1 Purbalingga mengatakan bahwa tujuan diadakannya kunjungan industri selain melihat secara langsung proses produksi juga agar para guru dan karyawan mendapatkan inspirasi untuk membawa budaya industri ke sekolah untuk nantinya dapat diterapkan disaat berada di sekolah. Hal ini penting mengingat dunia industri dan dunia kerja menuntut adanya etos kerja serta kedisiplinan yang tinggi.

“Dengan diterapkannya budaya industri di sekolah dapat bermanfaat bagi para lulusan SMK YPT 1 Purbalingga untuk siap kerja dan siap bersaing di dunia industri dan dunia kerja”. Ungkap Saryono.

Silaturahmi bersama GAPURA

Selepas kunjungan di PT Chemco Harapan Nusantara, rombongan menuju ke Bandung untuk bersilaturahmi di kediaman H. Waluyo, salah satu alumni angkatan 1979. Hadir dalam silaturami tersebut, ketua umum Gapura Eko Bejo, beberapa pengurus pusat Gapura dan beberapa perwakilan korwil.

H. Waluyo mengungkapkan kebahagiannya mendapat kunjungan dari sekolah. Beliau yang juga turut aktif membesarkan organisasi alumni GAPURA berharap silaturahmi ini tetap terjaga sampai kapanpun.

Sementara itu, Eko Bejo selaku ketua umum GAPURA mengungkapkan bahwa GAPURA yang sudah berusia empat tahun ini akan terus berusaha memberikan sumbangsih bagi masyarakat Purbalingga khususnya seluruh warga SMK YPT.

“Kekuatan utama kami adalah semangat kebersamaan alumni lintas generasi, di GAPURA tidak ada sekat pemisah karena jabatan, pangkat maupun status sosial, yang berada di GAPURA adalah satu karena kami adalah keluarga YPT”. Ungkapnya.

Rangkaian kegiatan wisata inspirasi SMK YPT 1 Purbalingga diakhiri dengan kunjungan wisata Kawah Putih yang berlokasi di Jalan Raya Soreang Ciwidey yang berjarak sekitar 25 KM dari kabupaten Bandung. || [afh].

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan Wisata Inspirasi:

Penyerahan kenang-kenangan kepada PT. Chemco Harapan Nusantara

Silaturahmi guru dan karyawan bersama GAPURA
Guru dan karyawan bersama Gapura di kediaman H. Waluyo
Wisata Kawah Putih Ciwidey Kabupaten Bandung
Kunjungan Industri ke PT. Chemco Harapan Nusantara