Hari Sumpah Pemuda, Kepala Sekolah Ingatkan Tantangan Era Digital

Pada momentum yang bersejarah bagi pemuda Indonesia ini, SMK YPT 1 Purbalingga selenggarakan upacara peringatan Sumpah Pemuda tahun 2019. Kepala sekolah bertindak sebagai pembina upacara.

Penyerahan bendera Panji oleh kepala sekolah

Upacara digelar di lapangan sekolah, Senin (28/10/2019). Upacara diikuti oleh seluruh civitas akademika SMK YPT 1 Purbalingga.

Drs. Saryono mengatakan tema peringatan sumpah pemuda tahun ini adalah ‘Bersatu Kita Maju’. Menurutnya tema tersebut harus diimplementasikan dengan baik tidak hanya sebatas slogan. Baik siswa dengan guru, siswa dengan sesama siswa dan tentunya seluruh warga sekolah harus menjalankan slogan tersebut.

Dalam amanatnya, kepala sekolah juga mengingatkan tentang tantangan pada masa sekarang ini. Di era digital saat ini para pemuda haruslah bisa menguasai kemampuan berbahasa inggris, menguasai digital dalam hal ini seperti coding, programing. Serta dapat membaca trend atau situasi yang terus berubah dan berkembang.

Oleh karenanya, lanjut kepala sekolah dalam sambutannya, sebagai pelajar dan sebagai pemuda haruslah mempunyai life skill, kemampuan kerjasama, berfikir kritis dan memecahkan masalah. Kesemuanya itu diperlukan bangunan karakter yang kuat. Semuanya itu memerlukan karakter yang kuat, kecerdasan spiritual, sosial serta kecerdasan emosional.

Dalam rangkaian upacara peringatan Sumpah Pemuda ini juga diadakan pelantikan pengurus OSIS, Pramuka dan organisasi pecinta alam SMK YPT 1 Purbalingga yang bernama PALATEKSA untuk masa bhakti 2019-2020. [afh].

Berikut beberapa dokumentasi upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda:

Peserta mengikuti upacara dengan khidmat
Pengibaran bendera merah putih
Pengurus OSIS, Pramuka dan Palateksa seusai pelantikan
Dewan guru dan karyawan SMK YPT 1 Purbalingga
Penyerahan bendera panji dari kepala sekolah kepada pengurus yang baru dilantik