Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2017

Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2017 dan HUT PGRI ke 72 tahun diperingati dengan upacara yang dilaksanakan seluruh civitas akademika SMK YPT 1 Purbalingga di komplek lapangan olahraga Sabtu (25/11/2017).

Peringatan hari guru nasional tahun 2017 ini mengangkat tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter”.

Pada upacara peringatan hari guru nasional ini petugas upacara seluruhnya dari guru sedangkan para siswa seluruhnya menjadi peserta upacara. Meskipun hujan mengguyur sejak pagi hari namun tak menyurutkan semangat para guru dan siswa dalam mengikuti upacara tersebut yang berlangsung dengan penuh khidmat.
Bertindak sebagai pembina upacara, Yuli Indratni, S.Pd yang juga sebagai wakil kepala sekolah bidang sarana prasana membacakan pidato Mendikbud RI.

Sesuai dengan tema pada Hari Guru tahun ini, marilah kita semua sebagai guru dalam mendidik siswa di sekolah harus menerapkan asas disiplin dan menjadi seorang guru/pendidik yang mempunyai perilaku baik sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didiknya. Guru adalah seorang panutan bagi siswanya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, dalam bahasa jawa ada istilah “guru diguru lan ditiru”, itu mempunyai arti bahwa seorang guru itu dipercaya oleh muridnya dan diikuti setiap tindak tanduknya. Berarti apapun yang dikatakan oleh seorang guru pasti akan dipercaya oleh muridnya, dan apapun yang dilakukan oleh guru dalam mendidik pasti akan diikuti juga oleh muridnya. Demikian penggalan pidato Mendikbud yang dibacakan oleh pembina upacara.

Diakhir amanatnya, Yuli Indratni mengingatkan kepada kita semua para guru agar senantiasa meningkatkan etos kerja untuk tujuan akhir mencerdaskan bangsa kita tercinta. Dirinya juga berpesan kepada seluruh siswa bahwa sebagai seorang murid harus menghormati bapak ibu guru yang telah berjasa dalam mendidik dan membina sebagai bekal kehidupan kelak. [afh].

Comments