Contoh Latihan Soal Psikotes dan Penyelesaiannya

1. Tes Hubungan Kata (20 soal)
Pada tes ini ditentukan tiga kata. Antara kata pertama dan kata kedua terdapat suatu hubungan tertentu. Antara kata ketiga dan salah satu kata di antara kelima kata pilihan, harus pula terdapat hubungan yang sama. Carilah kata itu. contohnya:
HUTAN : POHON = TEMBOK : …
a. batu bata b. rumah c. semen d. putih e. dinding

Jawab:
Hubungan antara hutan dan pohon adalah bahwa hutan terdiri atas pohon-pohon, maka hubungan antara tembok dan salah satu kata pilihan adalah bahwa tembok terdiri atas batu bata. Jawaban yang benar adalah : batu bata . Oleh karena itu pada kertas jawaban, pilih jawaban a. batu bata.

2. Tes Deret Angka (20 soal)
Pada test berikut akan diberikan deret angka. Setiap deret tersusun menurut suatu pola tertentu dan dapat dilanjutkan menurut pola tersebut. Carilah angka berikutnya untuk setiap deret, dan tulis jawaban saudara pada kotak yang telah disediakan. Contohnya:
2 4 6 8 10 12 14 ?
Pada deret ini angka berikutnya selalu didapat jika angka didepannya ditambah dengan 2.

Jawabannya adalah : 16.

3. Tes Potongan Gambar (20 soal)
Pada bagian ini, setiap soal memperlihatkan sesuatu bentuk tertentu yang terpotong menjadi beberapa bagian. Carilah diantara bentuk-bentuk yang terdapat dalam pilihan (a, b, c, d, e), suatu bentuk yang dapat dibangun dengan cara menyusun potongan-potongan yang terdapat dalam soal.

contohnya:

Jawaban:
contoh 1 menghasilkan bentuk (A)
contoh 2 menghasilkan bentuk (E)
contoh 3 menghasilkan bentuk (B)
contoh 4 menghasilkan bentuk (D)

4. Tes Kemampuan Ruang (20 Soal)
Terdapat sebuah kubus dengan tanda yang terlihat pada ketiga sisi nya. Kubus tersebut dapat diputar, dapat digulingkan atau dapat diputar dan digulingkan dalam pikiran saudara. Carilah 1 (satu) dari 5 (lima) pilihan kubus yang memiliki tanda yang sama dengan kubus yang terdapat pada soal.

Contohnya seperti ini:

Jawaban:
Contoh 1 memperlihatkan kubus A dengan kedudukan yang berbeda. Mendapatkannya adalah dengan cara menggulingkan lebih dahulu kubus itu ke kiri satu kali kemudian diputar ke kiri satu kali, sehingga sisi kubus yang bertanda dua segi empat hitam terletak di depan seperti kubus A.Contoh 2 adalah kubus E.

Cara mendapatkannya dengan digulingkan ke kiri satu kali dan diputar ke kiri satu kali, sehingga sisi kubus yang bertanda garis silang terletak di depan seperti kubus E
Contoh 3 adalah kubus B.
Contoh 4 adalah kubus C
Contoh 5 adalah kubus D

6. tes warteg , tes ini untuk mengukur daya kreatif kalian berikut ini soal tes warteg :
nantinya kita akan diberi soal berupa gambar yang sudah berisi coretan seperti pada gambar dan kita disuruh untuk membuat gambar dari coretan tersebut

7. Psikotest menggambar pohon dan manusia
Jujur, gampang gampang susah dalam melakukan hal ini, karena dibutuhkan kejelasan dalam menggambar, baik itu jari tangan, atau bentuk kaki, juga dengan menggambar pohon umumnya harus menggambar pohon yang berbuah dan mempunyai akar yang kuat, seperti pohon nangka umumnya.

8. Tips yang perlu diperhatikan dalam menggambar pohon dan manusia :
Untuk menggambar manusia, gambarlah manusia (BUKAN kartun atau sketsa) tersebut secara utuh mulai dari mata hidung telinga, jari tangan pokoknya dari ujung rambut sampai ujung kaki.
Posisi juga terserah, boleh duduk, berdiri, berbaring, hadap kanan, hadap kiri. Yang penting, gambarlah sesuai JENIS KELAMIN Anda! Jika anda laki-laki maka gambarlah seorang pemuda/pria/anda sendiri dalam berapa tahun ke depan. Begitupula jika anda wanita maka gambarkan sosok wanita yang terlihat BERPROFESI.

Misal, menggambar seorang Manager lengkap dengan pakaiannya, jas, kemeja, dasi, sepatu atau Atlet dengan mengenakan kaos olahraga sambil membawa bola basket misalnya. Jika petani sambil bawa cangkul dan pake topi.
Gambarlah manusia tersebut dalam keadaan beraktifitas, misalnya Pak Guru sedang mengajar atau Pak Tani sedang mencangkul.

Untuk menggambar pohon, gambarlah pohon dengan sempurna mulai dari dahan, batang, ranting, daun, akar, serta buah seperti pohon nangka, mangga, jambu atau lainnya. Biasanya ada instruksi DILARANG menggambar pohon cemara, pisang, kelapa, umbi-umbian dan beringin. Jangan gambar BERINGIN! Bukan karena beringin itu mudah digambar, tapi lebih karena sifat beringin sudah dianggap sangat ideal untuk seseorang. Jadi jika anda gambar beringin, Anda hanya akan dianggap terlalu sempurna.
Beri deskripsi nama, usia jenis kelamin juga aktifitasnya untuk menggambar manusia begitupun dengan menggambar pohon, deskripsikan pohon apa yang anda gambar.
Berlatihlah menggambar.

Comments